Minggu, 13 Mei 2012

Training Sehari TEKNIK DAN METODE PENULISAN SOP UNTUK INSTITUSI KEUANGAN Jakarta, 9 & 23 Mei 2012


OVERVIEW
Mengapa seringkali SOP di tempat kerja menjadi counter-productive? Ada tetapi tidak digunakan, ada tetapi pengguna ragu-ragu apakah berisi panduan yang updated, ada tetapi diletakkan di lemari yang terkunci?

”Hasil mini survey Facilitator selama 3 tahun dari 2008-2011, 90% SOP ditempat kerja ditulis oleh personil yang kurang terlatih, sebagian besar SOP disusun tidak menggunakan format semestinya, tidak sesuai dengan profil penggunanya, pada akhirnya SOP di tempat kerja hanya berfungsi sebagai arsip.”

SOP tidak sama dengan Prosedur, apabila Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adalah karena dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna.

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauhmana ia digunakan dan memberi nilai tambah b) sejauhmana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

Dengan mengikuti Program ini, pertanyaan anda selama ini akan terjawab:

1.      Apa bedanya Prosedur dengan SOP, Istruksi Kerja, Pedoman Kerja, Protap, Juklak, Juknis, User/operating manual dll?
2.      Mengapa Prosedur Penulisan Prosedur harus dibuat terlebih dahulu, dan bagaimana membuatnya?
3.      Mengapa SOP Teknis sudah tidak disyaratkan lagi oleh ISO 9000, dan apakah 6 Prosedur manajemen yang diwajibkan?
4.      Apakah  3 anatomi SOP yang mendasar (Format, Elemen dan Atribut)?
5.      Mengapa SOP tidak boleh dibuat atas dasar ”Write what you do”?
6.      Bagaimana merubah fungsi SOP sebagai alat pandu menjadi alat pandu dan alat ukur, alat kendali, alat audit, alat reward and punish?
7.      Bagaimana membuat SOP dengan dua macam profil pengguna (Pemula dan Ahli)?
8.      Kapan harus menambahkan masa berlaku SOP?
9.      Mengapa Flowchart tidak dimulai dengan ”Start” atau ”Mulai”?
10.  Bagaimana mengintegrasikan SOP dengan Key Performance Indicator, Service Level Agreement dan Risk Controls?
11.  Mengapa kebanyakan Penulis hanya menggunakan format Narration dan Flowchart, dan tidak tahu bahwa Anotated Pictorial atau Video sering kali lebih efektif?
12.  Bagaimana mengendalikan SOP dengan Document control dan Master lists?
13.  Mengapa SOP yang dibuat berbasis Struktur dan Uraian Kerja tidak sehandal apabila dibuat berbasis Process Business Map?
14.  Mengapa SOP harus berbatas waktu (SOP Lifecycle)?
15.  Bilamana SOP diberi tanda (distempel) ”Controlled”, ”Uncontrolled”, ”Archieved” atau ”Obsolete”?


Customoised SOP for finnacial institution
Program ini dirancang khusus untuk organisasi yang berkecimpung pada jasa keuangan, seperti bank, asuransi, koperasi, perdagangan valas dan sejenisnya. Oleh karena dirancang khusus, latihan-latihan yang diberikan hanya seputar uang dan keuangan.

FASILITATOR
Ady A Subagya
Seorang Systems specialist ISO 9000 14000, 28000 dan 31000, Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Mercedez Benz.

Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya. Pelatihan SOP secara inhouse sudah dijalankan di banyak organisasi termasuk: Indosat, KPK, BPK, BPKP, BRI, LAPAN, Energizer Indonesia, Yamaha Indonesia, Bank Papua, Bank Arta Graha, Bank UOB Indonesia, Indofood CBP Sukses Makmur-Noodle Divison dll.

TEMPAT PELAKSANAAN
Hotel Harris Fx Sudirman, lantai 2, Jl. Pintu Satu Senayan-Jakarta

BIAYA
Harga: Rp 3.000.000,-/orang
Biaya sudah termasuk materi ,Sertifikat, lunch dan coffee break

PEMBAYARAN
Dapat ditransfer ke
BCA Cabang Rawamangun a/c no. 094-221-5744
a/n Sutiyono

INFORMASI & PENDAFTARAN
TRAINING Kita & Consulting
PT. Karya Inti Performa

Telp     : (021) 446 46 834
HP       : 0815-9797-365
email    : trainingkita@gmail.com
                info@trainingkitaconsulting.com
web      : www.trainingkitaconsulting.com

Melayani juga inhouse Training ke Perusahaan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar