Sabtu, 14 Maret 2015

BEST PRACTICES IMPLEMENTATION FOR SECRETARY & ADMINISTRATION WITH USING EXCEL 2007/2010, Hotel Harris Tebet / Amos Cozy Blok M Jakarta, 30-31 Maret 2015

BACKGROUND
Tingginya tingkat persaingan organisasi bisnis dewasa ini semakin menuntut adanya proses perbaikan pengelolaan dokumen yang harus dilakukan oleh bagian administrasi dokumen (admin) pada setiap departemen dalam organisasi ataupun sekretaris pada setiap level dari organisasi dengan konsep yang logis dan sistematis berdasarkan kebutuhan dan kepentingan organisasi agar pemanfaatan dokumen tersebut baik itu berupa paper document ataupun soft document (dokumen hasil scanning, *.jpg, *.pdf atau dokumen yang dihasilkan oleh program elektronik, seperti file dengan akhiran *.xls, *.xlsx, *.doc, *.docx, *.ppt, *.pptx) dapat dimaksimalkan sehingga dapat meningkatkan services, baik kepada internal customer ataupun external customer.

Proses perbaikan pengelolaan dokumen yang harus segera dilakukan oleh bagian secretary ataupun admin dokumen adalah membuat dan mengembangkan sistem penataan file (File Cataloguing System) baik untuk file dokumen incoming letter ataupun outgoing letter pada media penyimpanan komputer  untuk mendukung penyimpanan dan pembuatan sistem temu balik digital document ataupun paper document pada lemari filing ataupun gudang arsip (document tracking system).
Minimnya penggunaan aplikasi komputer terutama aplikasi Excel 2007 yang umumnya selama ini digunakan oleh para secretary atau admin perusahaan menyebabkan sulit untuk mewujudkan dan mengimplementasikan hal tersebut di atas.

Padahal dengan hanya menggunakan aplikasi Excel 2007 yang sudah ada ditambah sedikit saja  penggunaan teknologi VBA-nya (Visual Basic Application), para secretary atau admin tersebut dapat membuat dan mengembangkan sendiri aplikasi File Cataloguing System ) baik untuk soft atau hard document dengan document tracking system-nya untuk file dokumen incoming letter dan outgoing letter.

 SYLLABUS
  1. Tujuan pengelolaan dokumen.Manfaat pengelolaan dokumen.
  2. Definisi  file, records dan archive.
  3. Life Cycle Model Concept.
  4. Records Continuous Model Concept.
  5. Digitalisasi dokumen berdasarkan UU RI No. 11 Th 2008 tentang ITE.
  6. Standar Penerapan Pengelolaan Dokumen Perusahaan berdasarkan UU RI No. 43 th 2009.
  7. Records management system fundamentals
  8. Electronics document filing system fundamentals.
  9. Mail handling concept.
  10. Step by step of filing system.
  11. Filing system distribution methods.
  12. Prosedur pemberkasan arsip
  13. 5 macam sistem pengindeksan dokumen.
  14. Standar waktu maksimum temu balik (retrievel) dokumen.
  15. Standar pengendalian dokumen berdasarkan ISO 9001.
  16. Konsep digitalisasi dokumen dengan metode scanning OCR, ICR dan OMR.
  17. Digitalisasi dokumen dengan *.pdf atau *.jpg.
  18. Digitalisasi dokumen untuk  *.pdf statis dan *.pdf edit dengan mesin scanner.
  19. Membuat Jadwal retensi dokumen dengan Excel 2007.
  20. Membuat File Cataloguing System dengan Excel 2007 dan Visual Basic Application (VBA).
  21. Membuat Document Tracking System dengan Excel 2007.
  22. Membuat Document Category Report Summary dengan Excel 2007.
  23. Membuat Otomatisasi Nomor Surat Keluar dengan Excel 2007.
  24. Menambahkan metode Allow Users to Edit Ranges, Hidden protection and Protect Sheet pada  Form – form sheet aplikasi yang sudah dibuat dengan Excel 2007.
  25. Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam implementasi sistem arsip elektronik.
 AUDIENCE TARGET
Staff Admin dokumen departemen atau secretary yang bertanggung jawab langsung dalam proses filing document

DURATION :      2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

TRAINING METHOD :  Terangkan – Tunjukkan – Lakukan
Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh trainernya, dan diajak langsung untuk mempraktekannya.

TRAINING INVEST :   Rp. 3.750.000,- / hari / orang

Trainer Profile
ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom
Praktisi dan trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 17 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain  di PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).Pernah menjabat sebagaiManager Training dan Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta  training and consulting.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN :
Titian
Telp     (021) 446 46 834
HP        0813 160 29975 / 0815 9797 365
Email   trainingkita@gmail.com,
info@trainingkitaconsulting.com
www.trainingkitaconsulting.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar